Senin, 09 Januari 2017

Asuransi Kesehatan Cashless & Reimbursement? Mana yang Lebih Baik

Ada dua jenis asuransi kesehatan yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu jika Anda ingin mengasuransikan kesehatan Anda. Hal ini penting agar Anda tidak merasa salah memilih asuransi nantinya dan malah direpotkan karena itu. Pasalnya, kedua asuransi itu benar-benar berbeda walaupun tujuannya sama yaitu untuk memberikan perlindungan atau jaminan pada kesehatan Anda. Anda tetap harus memikirkan sirkumtansi lainnya untuk mendapatkan asuransi yang benar-benar sesuai dengan keamanan dan kenyamanan Anda.

Asuransi Kesehatan Cashless & Reimbursement? Mana yang Lebih Baik


Lalu, apa sajakah kedua jenis asuransi untuk kesehatan itu?


Dilihat dari metode pertanggungannya, dua jenis asuransi untuk kesehatan ini adalah asuransi kesehatan Reimbursement dan Cashless. Sesuai dengan namanya, asuransi Reimbursement dan Cashless berkaitan dengan metode pembayarannya. Ketika Anda ingin melakukan pengobatan atau perawatan di rumah sakit, pada zaman sekarang ini, biaya atau pembayaran merupakan hal yang paling penting.

Perbedaannya adalah sebagai berikut, untuk asuransi kesehatan Cashless, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun lagi ketika ingin berobat ke rumah sakit. Anda sebagai nasabah asuransi yang diberikan pertanggungan atau jaminan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, dan hanya perlu menunjukan bahwa dia merupakan nasabah asuransi (biasanya menggunakan semacam kartu asuransi) lalu menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk melapor. Setelah itu, semua proses pembayaran dan administrasi rumah sakit akan terurus oleh asuransi. Sementara itu, asuransi untuk kesehatan dengan metode pertanggungan Reimbursement adalah asuransi dimana pertanggungan dari pihak asuransi adalah berupa pergantian biaya pembayaran rumah sakit Anda. Dengan kata lain, Anda harus membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu dengan uang sendiri, baru kemudian mendapat pergantian biayanya dari pihak asuransi sejumlah biaya yang Anda keluarkan untuk pengobatan.

Bagaimana? Sudahkah Anda bisa memutuskan mana jenis asuransi untuk yang lebih baik?


Sebenarnya, kata “lebih baik” kurang pas di sini, karena, biar bagaimana pun, kedua asuransi itu memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan perlindungan dan juga memiliki keunggulannya masing-masing. Ketika asuransi kesehatan Cashless cenderung lebih diminati orang karena kemudahan dan kepraktisannya, asuransi Reimbursement juga memiliki keuntungan seperti memiliki akses rumah sakit yang lebih luas. Ya, karena sistemnya adalah melakukan pembayaran biaya pengobatan sendiri terlebih dahulu, melakukan pengobatan yang mau mengandalkan jenis asuransi seperti ini bisa dilakukan dimana saja. Sedangkan, untuk Cashless, hanya di rumah sakit-rumah sakit tertentu yang mempunyai atau menerima metode pembayaran dari asuransi saja lah yang bisa Anda gunakan.

Demikianlah garis besar perbedaan kedua asuransi yang memiliki metode pertanggungan yang berbeda ini. Dengan mengetahui informasi ini, Anda setidaknya tahu seperti apa jenis asuransi yang lebih baik Anda gunakan dan tidak salah pilih. Karena, jika sampai tidak cocok, Anda sendiri yang rugi nanti.

Baca Juga : Portal Cari Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Keluarga http://bit.ly/2i7Mjfp