Rabu, 16 Desember 2015

Perbedaan Asuransi Kesehatan Murni dengan Investasi

asuransi kesehatanAsuransi kesehatan murni dengan investasi memiliki sistem kerja yang sama yaitu sama-sama menyimpan dana untuk kebutuhan selanjutnya. Akan tetapi untuk asuransi kesehatan murni memiliki fungsi sebagai proteksi kesehatan seseorang, namun untuk investasi seperti yang kita ketahui memiliki fungsi untuk menambah uang yang telah kita simpan. Akan tetapi ada asuransi yang mempunyai fungsi kedunya yaitu untuk proteksi ataupun untuk investasi yaitu Asuransi Unit-Link. Berikut dijelaskan beberapa perbedaan asuransi kesehatan murni dan investasi:

Perbedaan asuransi kesehatan murni dan investasi Memiliki Sifat yang berbeda 

Untuk Investasi memiliki arti untuk meningkatkan atau menambah uang yang anda kumpulkan agar lebih banyak. Sedangkan, untuk asuransi kesehatan murni akan melindungi uang anda agar tidak habis dan akhirnya uang anda dialihkan untuk melindungi kesehtan anda. Contohnya, jika anda memiliki tabungan 50juta dengan asuransi kesehatn uang tersebut tidak akan terpakai namun akan dipakai saat anda sakit atau kecelakaan. Namun, bila investasi jika anda memiliki tabungan 50 juta anda berpikir harus kemana anda menyalurkan uang tersebut dapat bertambah menjadi 100 juta dalam 5 tahun.

Asuransi Kesehatan Murni untuk menjaga dari hal yang tidak dinginkan, investasi untuk mendapatkan hal yang diinginkan 


Terkadang ada banyak hal yang tidak bisa prediksi contohnya ialah hal-hal yang kita tidak inginkan, oleh karena itulah kita menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan melindungi anda jika terjadi kecelakaan ataupun sesuatu hal yang tidak diinginkan lainnya. Asuransi kesehatan akan menjamin anda saat sakit yang parah, cacat seumur hidup, kecelakaan, serta meninggal dunia. Sedangkan untuk Investasi, akan membantu anda untuk mewujudkan anda untuk hal-hal yang anda inginkan dihari esok. contohnya adalah pendidikan anak, beribadah haji, dan pensiun.

Baik asuransi kesehatan maupun investasi keduanya membutuhkan dana namun waktunya tidak dapat anda prediksi atau rencanakan hinga setiap orang dapat mempersiapkan segala dari jauh-jauh hari. Langkah untuk mempersiapkannya adalah dengan investasi (bila periode waktu yang dibutuhkan relatih panjang) atau menabung (Bila periode waktunya pendek, kurang dari setahun).


Asuransi Kesehatan Murni memiliki periode pendek, investasi itu periode panjang. 

Asuransi memiliki waktu yang pendek karena memiliki manfaat yang mengecil seiring berjalannya waktu, karena anda akan mempergunakan uang anda tersebut. Misalnya, anda memiliki uang pertanggungan sebanyak 1 Miliyar, dan menurut anda memiliki nilai yang besar, akan tetapi lama-kelamaan akan kecil yang disebabkan oleh aspek inflansi. Oleh sebab itu, setiap periode tertentu, misal setiap 5 tahun, uang pertanggungan asuransi perlu ditingkatkan (Upgrade), sedangkan untuk investasi memiliki periode yang panjang karena keuntungan investasi akan semakin menjadi membesar seiring berjalannya waktu. Jika investasi semakin panjang, keuntungan yang didapatkan pun akan semakin lebih besar.


Asuransi itu tidak perlu saat untuk jadi besar, investasi itu perlu saat untuk jadi besar. 

Salah satu lagi perbedaan yang nyata antara asuransi kesehatan Murni dan Investasi diantaranya yaitu jika dengan asuransi dalam waktu singkat dana yang diperoleh meningkat atau besar karena asuransi menggunakan prinsip sharing resiko diantara orang.Jadi, jika anda sakit namun biaya premi asuransi yang anda bayarkan sedikit anda tetap dapat membayar rumah sakit tersebut karena sudah ada dana untuk menutupi hal tersebut di asuransi. berbeda hal dengan investasi, investasi membutuhkan dana 3-5 tahun agar uang anda tersebut dapat berlipat ganda.


Asuransi Kesehatan itu kemampuan bersama, investasi itu kemampuan sendiri. 

Sudah dijelaskan diatas bahwa jika anda menggunakan asuransi dan anda mengalami suatu musibah ataupun mengalami sakit yang parah dan anda baru memberikan uang yang sedikit anda dapat dibantu oleh anggota asuransi tersebut yang tidak menggunakan asuransi atau tidak mebutuhkan klaim, dengan kata lain mereka akan merelakan uangnya untuk anda. Namun, untuk investasi dananya murni dari anda dan akan dikembalikan kepada anda juga suatu saat nanti dengan dana yang lebih besar. Nilai investasi pada masing-masing peserta, tidak akan tercampur sekalipun dengan peserta lainnya.

Itulah sekian banyak perbedaan asuransi kesehatan murni dan investasi tinggal bagaimana anda menentukan mana yang lebih tepat dan sesuai dengan kemampuan serta kepentingan yang anda inginkan.