Selasa, 01 Desember 2015

System Klaim dan Manfaat Kegunaan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ? apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar asuransi kesehatan , yang pertama mungkin dari kalangan menengah ke bawah asuransi kesehatan yaitu yang dikeluarkan dari pemerintah , untuk kalangan menengah ke atas biasanya ketika mendengar asuransi kesehatan sudah pasti yang dipertanyakan ialah bagaimana cara mengklaimnya, sudah berapa rekanan rumah sakitnya, dan biaya penggantian apa saja yang menyangkut didalamnya, tidak menutup kemungkinan untuk kalangan menengah ke bawah juga menanyakan hal - hal yang sama apabila mendengar kata asuransi kesehatan.

Memang asuransi kesehatan sekarang ini mempunyai banyak jenis dan model yang bermacam-macam , dan beragam penanggungannya juga , perlu anda ketahui juga dasar mengetahui jenis asuransi kesehatan sebelum anda menentukan perusahaan asuransi kesehatan terbaik mana yang sesuai dengan anda. perusahaan asuransi kesehatan yang baik bisanya mempunyai jejak yang baik dalam segala hal , untuk membuktikan perusahaan asuransi itu baik atau tidak anda bisa bertanya-tanya dengan orang yang lebih paham dengan asuransi kesehatan, atau bisa juga anda cari tau melalui internet, biasanya perusahaan asuransi kesehatan yang baik jejaknya juga akan mudah di cari melalui internet semakin baik suatu perusahan asuransi sudah pasti baik juga dari sistem pelayanannya.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian asuransi kesehatan , sebelum memilih atau akan membeli asuransi kesehatan sebaiknya anda perlu memahami juga tentang pengertian asuransi kesehatan agar nantinya anda tidak salah memilih asuransi kesehatan terbaik mana yang mungkin preminya murah tapi tidak murahan dan yang sudah pasti semua pelayanannya baik, asuransi kesehatan murni mungkin yang saat ini sedang banyak dicari oleh hampir semua orang yang ingin membeli asuransi kesehatan, kenapa karena mungkin asuransi ini hanya asuransi kesehatan saja tidak dengan investasi, dengan kata lain lebih menyangkut semua dari aspek pembiayaannya , mulai dari perobatan, rawat ianf sampai rawat jalan dan tidak ada biaya penanggungan lagi apabila korban itu meninggal dunia.

Manfaat Kegunaan Asuransi Kesehatan

Mendukung ketersediaan untuk seluruhnya kebutuhan ongkos dokter, obat-obatan, rawat inap, s/d tindakan operasi. Lewat cara umum, tipe perawatan atau program yang ada yakni manfaat untuk rawat jalan (outpatient), manfaat persalinan, manfaat rawat inap (inpatient), dan manfaat perawatan gigi. 

Manfaat rawat inap (inpatient) yang dapat di nikmati oleh peserta asuransi kesehatan meliputi ongkos rumah sakit, ongkos laboratorium, ongkos untuk melahirkan, ongkos yang darurat (emergency service). Tentang fungsi perawatan gigi terdiri dari pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, dan pemasangan gigi palsu. 

Manfaat rawat jalan (outpatient) meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep dokter, ongkos atas perbuatan pencegahan, tindakan operasi, serta ongkos alat-alat bantu yang direkomendasikan oleh dokter. Ada batas maksimum penggunaan dana masing-masing pertahunnya dalam fungsi rawat jalan ini. 

Dari ketiga manfaat dan kegunaan asuransi kesehatan di atas kita juga perlu memahami bagaimana sistem penggatian atau system klaim nya.

System penggantian (Cashless) atau system klaim

Ada dua cara yang biasanya di gunakan dalam system penggantian atau system klaim yang hampir semua perusahaan asuransi kesehatan menggunakannya system reimbursement (klaim) dan system cashless (pergantian). Untuk system reimbursement ini mengharuskan anda untuk memakai uang anda terlebih dahulu untuk membayarkan semua biayanya dan baru lah nanti anda mengajukan pengklaiman kepada perusahaan dengan melihatkan bukti bukti pembayaran kepada pihak perusahaan, keuntungan dari system penggantian ini anda bisa memilih rumah sakit mana yang sesuai dengan keinginan anda namun tetap biaya yang sudah disesuaikan dengan pihak perusahaan tidak bisa dirubah.

Untuk jaminan cashless biasanya anda akan dikasih kartu keanggotaan jadi tidak perlu memakai uang anda terlebih dahulu untuk membayarkan biaya perobatannya anda cukup menunjukan kartu keanggotaan anda ke pihak pembayaran rumah sakit atau klinik dengan catatan rumah sakit dan klinik yang sudah di tentukan dari pihak perusahaan dan sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan tersebut.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang system klaim dan manfaat kegunaan asuransi kesehatan untuk memudahkan anda dalam membeli atau menentukan asuransi kesehatan yang bisa anda beli produknya, dan yang paling terpenting adalah bisa menanggung seluruh biaya pertanggungan pengobatan, rawat jalan, serta rawat inap anda.